Selasa, 13 November 2012


KEWIRAUSAHAAN 
KELAS X
KD 1.1         Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha



Indikator : 
 ·   Mendeskripsikan pengertian kewirausahaan
      ·   Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
         ·    mengidentifikasi tujuan, manfaat, etika, keuntungan serta proses kewirausahaan
            ·   Mengidentifikasi karakteristik /ciri-ciri wirausahawa
               ·  Mengidentifikasi kegagalan dan kesuksesan  seorang wirausahan

            A.     Pengertian dan Ruang Lingkup Kewirausahaan.
1.      Pengertian Kewirausahaan
·         Kewirausahaan berasal dari kata Entrepreneur, menurut Savary (1723) dalam bukunya yang terkenal, “Kamus Dagang” Entrepreneur adalah orang yang membeli barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang (guna ekonomi) itu akan dijual.
·         Kewirausahaan adalah tanggapan terhadap peluang usaha yang terungkap dalam seperangkat tindakan yang membuahkan hasil berupa organisasi usaha yang melembaga, produktif, dan inovatif. Kewirausahaan bersangkutan dengan kemampuan seseorang untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan orang lain dengan berswadaya. Definisi ini mengandung asumsi bahwa setiap orang yang normal dapat menjadi Wirausahawan asal mau dan mempunyai kesempatan untuk belajar berwirausaha.

Untuk lebih mendalami pengertian kewirausahaan maka berikut ini aka dipaparkan berbagai pandangan mengenai kewirausahaan:
     a.      Kewirausahaan adalah suatu proses seseorang guna mengejar peluang-peluang memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi, tanpa memperhatikan sumber dayayang mereka kendalikan. (Robin, 1996)

   b.      Dalam Instruksi Presiden nomor 4 tahun 1995, tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan (GNMMK), Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau bkegiatan yang mengarah pada upaya cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar.

    c.       Kewirausahaan adalah proses untuk menciptakan tambahan kemakmuran.

   d.      Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal jasa dan risiko, serta menerima balas jasa, kepuasan dan kebebasan pribadi.

   e.      Kewirausahaan adalah mental dan sikap jiwa selalu aktif berusaha meningkatkan hasil karyanya dalam meningkatkan penghasilan.

f.        Pengertian harafiah kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha diberi awalan ke- dan akhiran –an yang bersifat membuat kata benda wirausaha mempunyai pengertian abstrak yaitu hal-hal yang bersangkutan dengan keberanian seseorang untuk melaksanakan sesuatu kegiatan bisnis/non bisnis (secara mandiri)
   g.      Menurut A. Pekerja (1999), dalam makalahnya yang dimuat pada jurnal P & PT No. 9 Tahun 1999, kewirausahaan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mendirikan, mengelola, mengembangkan dan melembagakan perusahaan miliknya sendiri.
    
     h.      Menurut hasil Simposium Nasional Kewirausahaan 7-8 Februari 1995 di Jakarta:
Kewirausahaan adalah kesatuan terpadu dari semangat, nilai-nilai dan prinsip serta sikap, kiat dan tindakan nyata yang sangat perlu, tepat dan unggul dalam menangani dan mengembangkan perusahaan atau kegiataan lain yang mengarah kepada pelayanan terbaik kepada pelanggan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan termasuk masyarakat, bangsa dan negara.

i.        Pengertian ini kemudian diakomodasikan dan dimantapkan di dalam
Inpres No. 4 Tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan, dengan kalimat sebagai berikut : Kewirausahaan adalah semangat, sikap perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah kepada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Yang menarik dari definisi ini adalah bahwa Kewirausahaan tidak hanya menyangkut kegiatan yang bersifat komersial (mencari untung semata) tetapi juga kegiatan yang tidak komersil sejauh dilakukan dengan semangat, sikap atau perilaku yang tepat dan unggul untuk meningkatkan efisiensi dalam arti seluas-luasnya dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik kepada semua pihak yang berkepentingan (langganan dalam arti luas, termasuk masyarakat, bangsa dan negara)
j.        Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif kesuksesan sangat tergantung dari jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship. Entrepreneurship Menurut Edvarson (1994) (dalam makalah Wahid Ciptono, 1999) adalah  sebuah kata yang digunakan untuk menjelaskan perilaku-perilaku pemikiran strategis dan berani mengambil risiko yang akan memberikan hasil peluang bagi individu dan organisasi.

2.      Entrepreneurship (Kewirausahaan)
Ciri-ciri seorang Entrepreneur adalah:
1.      Mengendalikan secara internal
2.      Sangat kuat
3.      Sangat ingin berprestasi
4.      Toleran
5.      Percaya diri
6.      Berorientasi kerja

3.      Wirausaha
Wirausaha berasasal dari 
WIRA : Satria Perwira, gagah berani, jujur, Konsekwen, tanggung jawab
                                                                                                                                                                             USAHA: Upaya untuk memperbaiki tingkat Kehidupan kearah yang lebih baik

·         Wirausaha : manusia yang memiliki sifat satria, jujur dan konsekwen serta berani bertanggung jawab atas perbuatannya untuk meningkatkan tinggkat kehidupan.
·         Jadi Wirausaha bukan pekerjaan tetapi mental yang harus dimiliki oleh setiap manusia terlebih untuk para pimpinan dan para pebisnis/niaga.

Berikut ini pengertian wirausaha :
    a.      Wirausaha adalah orang yang berani memaksa diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain. (Grde Prama SWP, 09/XI/1996) 

   b.      Wirausaha adalah orang yang berhasil mendapatkan perbaikan pribadi, keluarga, masyarakat dan bangsanya.

     c.       Wirausaha adalah seorang pakar tentang dirinya sendiri

      d.      Wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

       e.      Pandangan menurut businessman, wirausaha adalah ancaman persaingan baru atau bisa juga seorang patner, pemasok, konsumen atau seorang yang bisa diajak kerjasama.

         f.        Pandangan menurut seorang pemodal, wirausaha adalah seorang yang menciptakan kesejahteraan buat orang lain yang menemukan cara-cara baru untuk menggunakan resources, mengurangi pemborosan, dan membuka lapangan kerja yang disenangi oleh masyarakat.

      g.      Pandangan menurut seorang ekonomi, wirausaha adalah seseorang atau sekelompok orang yang mengorganisir faktor-faktor produksi, alam, tenaga kerja, dan skill untuk tujuan produksi.
        
        h.      Pandangan menurut psikolog, wirausaha adalah seorang yang mempunyai dorongan kekuatan dari dalam untuk memperoleh sesuatu tujuan, suka mengadakan eksperimen untuk menampilkan kebebasan dirinya diluar kekuasaan orang lain.

Menurut J.A. Schiunpeter , yang dapat digolongkan menjadi wirausaha adalah seorang investor, sebagai individu yang mempunyai naluri untuk sedemikian rupa dan kemudian terbukti benar mempunyai semangat kemampuan, dan pikiran untuk menaklukkan cara berpikir lamban dan malas.

4.      Tujuan Kewirausahaan
a.      Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas
b.      Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
c.       Membudayakan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausaan dikalangan masyarakat yang mampu, andal dan unggul.
d.      Menumbuhkembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap masyarakat.

5.      Manfaat Wirausahawan
a.      Berusaha memberi bantuan kepada orang lain dan pembangunan sosial sesuai dengan kemampuannya.
b.      Menjadi contoh bagi anggota masyarakat sebagai pribadi unggul yang patut diteladani.
c.       Memberi contoh bagaimana harus bekerja keras, tekun, tetapi tidak melupakan perintah agama.
d.      Menambah daya tampung tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran.
e.      Sebagai generator pembangunan lingkungan, pribadi, distribusi, pemeliharaan lingkungan,dan kesejahteraan.
f.        Berusaha mendidik para karyawannya menjadi orang yang mandiri, disiplin, tekun dan jujur dalam menghadapi pekerjaan.
g.      Berusaha mendidik masyarakat agar hidup secara efisien, tidak berfoya-foya dan tidak boros.

6.      Sifat wirausaha
a.      Wirausaha adalah seorang pencipta perubahan
b.      Wirausaha adalah seorang yang selalu melihat perbedaan, baik antar orang maupun antar fenomena kehidupan sebagai peluang dan kesulitan
c.       Wirausaha adalah seorang cenderung mudah jenuh terhadap segala kemampuan hidup, kemudian bereksperimen dengan adanya pembaharuan.

7.      Sasaran Kewirausahaan
a.      Instansi pemerintah yang melakukan kegiatan usaha (BUMN), organisasi profesi,dan  kelompok-kelompok masyarakat.
b.      Para pelaku ekonomi yang terdiri atas para pengusaha kecil dan koperasi
c.       Para generasi muda, pada umumnya anak-anak putus sekolah dan para calon wirausahawan.

8.      Asas Kewirausahaan
a.      Kemampuan untuk berkarya dalam persamaan berlandaskan etika bisnis yang sehat.
b.      Kemampuan bekerja secara tekun, teliti dan produktif.
c.       Kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara sistematis, termasuk keberanian mengambil risiko bisnis.
d.      Kemampuan berkarya dengan semangat kemandirian.
e.      Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif dan inovatif

9.      Syarat Wirausaha
a.      Tidak konsumtif dan boros
b.      Harus mengutamakan keberhasilan
c.       Harus mampu bergaul dan bersifat luwes
d.      Harus mampu mengorganisasi diri
e.      Harus berwatak baik dan tinggi
f.        Harus termpil, berpikir positif, ulet dalam arti analisis harus tepat, sistematis, dan metodologis
g.      Harus memiliki semangat tinggi, berani dan bertanggung jawab.
h.      Harus memiliki pendidikan formal dan kreatif


10.  Ruang Lingkup Kewirausahaan
a.      Lapangan agraris
1)      Pertanian
2)      Perkebunan dan perhutanan
b.      Lapangan Perikanan
c.       Lapangan Peternakan
d.      Lapangan perindustrian dan kerajianan
1)      Industri besar
2)      Indiustri menengah
3)      Industri kecil
4)      Perajin
e.      Lapangan Pertambangan dan Energi
f.        Lapangan perdagangan
g.      Lapangan pemberi jasa




       B.      Karakteristik Wirausahawan dan Keberhasilan Usaha Melalui Berbagai Kegiatan
Karakteristik wirausahawan menurut Pendapat Bygrave, yang terkenal dengan istilah  10 D, adalah sbb:
a.      Dream
b.      Decisivenes
c.       Doers
d.      Dertemination
e.      Dedocation
f.        Devotion
g.      Details
h.      Destiniy
i.        Dolars
j.        Distribute
Dari pendapat di atas karakteristik wirausahawan yang harus dimiliki adalah sebagai berikut:
1.      Berwatak luhur
2.      Kerja keras dan disiplin
3.      Mandiri dan realistis
4.      Prestatif dan komitmen tinggi
5.      Berfikir positif dan bertanggung jawab
6.      Dapat mengendalikan emosi
7.      Tidak ingkar janji (menepati janji dan waktu)
8.      Belajar dari pengalaman
9.      Memperhitungkan risiko
10.  Merasakan kebutuhan orang lain
11.  Bekerja sama dengan orang lain
12.  Menghasilkan sesuatu untuk orang lain
13.  Menghasilkan semangat untuk orang lain
14.  Mencari jalan keluar bagi setiap masalah
15.   Merencanakan sesuatu sebelum bertindak

BN Marbun (1993) memiliki pendapat sendiri mengenai karakteristik wirausahawan
Ciri-ciri
Watak
1.      Percaya diri



2.      Berorientasi pada tugas dan hasil




3.      Pengambilan risiko


4.      Kepemimpinan




5.      Keorisinilan

6.      Berorientasi ke masa depan
-          Keyakinan
-          Ketidak ketergantungan
-          Individualistik
-          Optimisme
-          Kebutuhan akan berprestasi
-          Berorientasi pada laba
-          Ketekunan dan ketabahan
-          Kerja keras
-          Mempunyai dorongan kuat
-          Enerjik dan berinisiatif
-          Kemampuan mengambil risiko
-          Suka pada tantangan
-          Bertingkah laku sebagai pemimpin
-          Dapat bergaul dengan orang lain
-          Menanggapi saran-saran dan kritik
-          Inovatif, kreatif, dan fleksibel
-          Punya banyak sumber
-          Serba bisa
-          Mengetahui banyak
-          Pandangan ke masa depan
-          perseptif

Sedangkan menurut Zimmer dan Scarborough, karakter wirausahawan yang sukses adalah sbb:
1)      Memiliki komitmen tinggi terhadap tugasnya
2)      Mau bertanggung jawab
3)      Keinginan bertanggung jawab ini erat hubungannya dengan mempertahankan internal locus of control,yaitu minat kewirausahaan dalam dirinya.
4)      Peluang untuk mencapai obsesi
5)      Toleransi menghadapi risiko kebimbangan dan ketidak pastian
6)      Mempunyai keyakinan pada dirinya
7)      Kreatif dan fleksibel
8)      Ingin memperoleh balikan segera
9)      Ernergik tinggi
10)  Motivasi untuk lebih unggul dari pada yang sudah ia kerjakan
11)  Berorientasi ke masa depan
12)  Mau belajar dari kegagalan
13)  Kemampuan memimpin

Menurut Fadel Muhammad, ada tujuh  ciri yang merupkan identitas seseorang wirausahawan, yaitu:
a.      Kepemimpinan
b.      Inovasi
c.       Cara pengambilan keputusan
d.      Sikap tanggap terhadap perubahan
e.      Bekerja ekonomis dan efisien
f.        Visi masa depan
g.      Sikap terhadap risiko

Menurut Drs. Wasty Soemanto, M.pd, tanda manusia wiraswasta adalah kepribadian kuat dengan ciri-ciri sebagai berikut:
a.      Memiliki moral yang tinggi
b.      Sikap memtal wiraswasta
c.       Kepekaan terhadap arti lingkunngan
d.      Keterampilan wirausaha

Dan menurut Mc. Celland, wirausahawan memiliki karakteristik sebagai berikut:
a.      Keinginan untuk berprestasi
b.      Keinginan untuk bertanggung jawab
c.       Prefesensi kepada risiko-risiko menengah
d.      Persepsi kepada kemungkinan hasil
e.      Rangsangan oleh umpan balik
f.        Aktifitas energik
g.      Orientasi ke masa depan
h.      Keterampilan dalam pengorganisasian
i.        Sikap tentang uang.


Tugas 1
1.       Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan upaya memanfaatkan peluang yang dihadapi setiap hari, ini dikemukakan oleh …..
2.       Istilah kewirausahaan diambil dari bahasa Inggris, yakni dari kata...
3.       Pada intinya, manfaat kewirausahaan adalah …..
4.       Sikap dan perilaku wirausaha yang utama adalah …..
5.       Istilah 10D dikemukakan oleh …..
6.       Mencintai pekerjaan bisnisnya dan hasil produksinya disebut …..
7.   Proses pengembangan kewirausahaan : ketidakpuasan terhadap pekerjaan sekarang termasuk …..
8.      Berusaha mendidik karyawan menjadi mandiri, disiplin, tekun dan jujur merupakan salah satu dari …..
9.       Salah satu penyebab kegagalan adalah bakat yang tidak sesuai. Hal ini disebabkan …..
10.   Salah satu keuntungan menjadi wirausahawan adalah terbukanya peluang untuk …..

Essay
1.       Apakah manfaat dari kewirausahaan? (4 saja)
2.   Jelaskan keterampilan-keterampilan yang harus dipunyai wirausahawan yang dapat menunjang keberhasilan!
3.       Sebutkan 8 macam kegagalan dalam berwirausaha menurut Zimmerer!
4.       Tuliskan karakteristik wirausahawan menurut Zimmerer!
5.       Sebutkan factor pemicu (Triggering Event) untuk terjun dalam dunia bisnis! (4 saja)

Jawaban dikirim via email anisa.chaplin@yahoo.com
dan silahkan anda buka commentar untuk berdiskusi....

1 komentar: